Tuesday, June 5, 2012

Abu Yahya Al Libi,Pemimpin Al Qaeda terbunuh dalam sebuah serangan

Sebuah serangan pesawat tak berawak di Pakistan telah menjaring ikan besar: al Qaeda No 2 Yaitu pemimpin tingkat ke 2, Abu Yahya Al Libi. "Kami dapat mengkonfirmasi bahwa Abu Yayha Al-Libi telah meninggal," kata seorang pejabat AS Waktu koresponden Gedung Putih Michael Scherer. Dia telah Deputi Ayman al Zawahiri, yang berjalan Al Qaeda sejak nasib Osama bin Laden itu disegel. Libi telah dipenjara di Bagram pangkalan udara di Afghanistan selama tiga tahun sebelum melarikan diri pada tahun 2005 dan kembali ke pertarungan.

"Dia adalah salah satu pemimpin mereka yang paling berpengalaman dan serbaguna," kata pejabat AS. "Ia memainkan peran kunci dalam operasi mereka terhadap Barat."

Sumber-sumber intelijen Pakistan mengatakan kepada Reuters al Qaeda kedua dalam perintah dihantam dalam serangan pesawat tak berawak Senin. "Pejabat intelijen mengatakan menurut informan, Libi luka serius dalam serangan itu dan dibawa ke rumah sakit swasta di mana ia meninggal," laporan Reuters dari Pershawar.

Ini merupakan kemenangan yang solid dalam perang yang disebut teror. Libi adalah hubungan antara Al Qaeda dan waralaba yang paling ditakuti, al Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP). Fakta bahwa ia adalah  wakil kedua dari
al Qaeda yang sangat di cari untuk di bunuh dan hal ini akan menghambat upaya Zawahiri untuk menggantikannya. Ini juga akan menjadi pukulan untuk semangat seluruh jajaran al Qaeda, para pejabat AS percaya itu.

AS memberikan imbalan sampai $ 1 juta untuk pembunuhan Libi . "Abu Yahya al-Libi, warga Libya, adalah seorang sarjana Islam yang telah muncul dalam sejumlah video propaganda, pelatihan menggunakan agamanya untuk mempengaruhi orang dan melegitimasi tindakan al-Qaeda," kata Departemen Luar Negeri memposting. "Al-Libi adalah motivator utama dalam gerakan jihadi global dan pesan-pesannya menyampaikan ancaman yang jelas kepada orang-orang AS atau properti seluruh dunia."

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India